Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-TALK-WRITE BERBASIS OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 WADASLINTANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Ariyanto
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK: Ariyanto “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write Berbasis Open-Ended Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Ruang pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Wadaslintang Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW berbasis Open Ended-Problem lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Wadaslintang tahun 2011/2012. Dalam teknik menentukan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan VIII.1 kelas kontrol. Desain penelitian ini adalah grup desain postest, pada akhir pembelajaran sampel diberi tes dengan instrumen yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi validitas dan reliabilitas. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan dokumentasi dan tes. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas data prestasi tes dari sampel diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t Taraf signifikan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5%. Pada pengujian hipotesis diperoleh tobs = 1,760 dan ttabel = 1,679 karena tobs > ttabel maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW berbasis Open Ended-Problem lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang di SMPN 3 Wadaslintang. Kata Kunci: Pembelajaran TTW, Open Ended, Prestasi Belajar
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya