Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) DAN SAVI (SOMATIC,AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUALLY) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP SE-KECAMATAN BANYUURIP TAHUN AJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Alfiana Rohmah
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK: Alfiana Rohmah. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran AIR dan SAVI Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Semester II SMP se-Kecamatan Banyuurip Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) hasil belajar matematika dengan model pembelajaran SAVI lebih baik dari model pembelajaran AIR pada materi segiempat; (2) hasil belajar matematika siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada materi segiempat; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri se-Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. Sampel penelitian berjumlah 64 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Instrumen penelitian telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama dilanjutkan dengan uji Scheffe’. Hasil penelitian dengan α = 5% menunjukkan bahwa: (1) Fobs = 12,44 > Fα = 3,84 sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar matematika kedua kelompok model pembelajaran; (2) Fobs = 4,33 > Fα = 3 sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa; Fobs = 1,96 > Fα = 3 sehingga H0 diterima yang berarti tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Uji Scheffe’ menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa dengan model pembelajaran SAVI lebih baik daripada AIR; (2) hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar sedang sama siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Sedangkan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar baik sedang maupun rendah lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi; (3) hasil belajar siswa baik yang memiliki motivasi belajar rendah, sedang maupun rendah, penerapan model pembelajaran SAVI memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran AIR; hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran SAVI maupun AIR, baik siswa yang memiliki motivasi belajar sedang dan rendah memiliki hasil belajar yang sama, sedangkan siswa yang belajar dengan model pembelajaran SAVI maupun AIR, siswa yang memiliki motivasi belajar sedang dan rendah memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran SAVI, model pembelajaran AIR, motivasi belajar
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya