Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA MATERI SEGIEMPAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTS AN NAWAWI PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Ahmad Taufikin
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK: Ahmad Taufikin. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Pada Materi Segiempat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs An Nawawi Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada materi segiempat kelas VII MTs An Nawawi Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang mencoba membandingkan hasil prestasi belajar matematika antara siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe TPS dan siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs An Nawawi Purworejo yang berjumlah empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling dengan mengambil dua kelas secara acak (random) dari populasi untuk menentukan kelas sampel. Instrumen penelitian ini berupa tes prestasi pada pelajaran matematika materi segiempat. Sebelum penelitian dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat sebelum penelitian yang meliputi uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett dilanjutkan dengan uji keseimbangan untuk mengetahui apakah kedua kelas yang akan diteliti berada dalam keadaan seimbang atau tidak. Setelah data hasil tes prestasi diperoleh, dilakukan uji prasyarat analisis variansi yaitu uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Pada tahap akhir dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi (α) 0,05. Berdasarkan analisis data dengan uji hipotesis menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs An Nawawi Purworejo yang memperoleh pembelajaran model kooperatif tipe TPS lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran model kooperatif tipe CIRC. Kata kunci : TPS, CIRC, Prestasi Belajar
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya