Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII MTs AL-GHAZALI MIRIT KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang AGUS SAHRON WAKHID
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK: Agus Sahron Wakhid. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Prestasi Belajar Materi Segiempat Pada Siswa Kelas VII MTs Al-Ghazali Mirit Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional materi segiempat pada siswa kelas VII MTs Al-Ghazali Mirit Kebumen tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dari Penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Ghazali Mirit yang terdiri dari lima kelas. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel dari penelitian ini berjumlah dua kelas dan terpililih secara acak kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika siswa. Sebelum digunakan pengambilan data, instrumen terlebih dahulu di uji cobakan pada kelas uji coba. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunanakan uji Bartlett. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 8,218 lebih besar dari ttabel sebesar 1,6905 sehingga H0 ditolak. Ini berarti terdapat perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan segiempat. Dari rataan marginalnya, diperoleh mean pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT diperoleh 79,54, sedangkan nilai mean pada model pembelajaran konvensional diperoleh 53,214. Sehingga prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Teams Games Tournament, Prestasi Belajar
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya