Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI WACANA CERKAK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII D DI SMP NEGERI 2 ADIMULYO TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Heni
Subyek/Subjek Bahasa Jawa
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Bahasa dan Sastra Jawa FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik Heni. 2013. “Upaya Peningkatan Kemampuan Memahami Wacana Cerkak Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas VIII D di SMP Negeri 2 Adimulyo Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) langkah-langkah pembelajaran memahami wacana cerkak pada siswa kelas VIII D di SMP Negeri 2 Adimulyo menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; (2) peningkatan hasil belajar kemampuan memahami wacana cerkak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VIII D di SMP Negeri 2 Adimulyo; (3) motivasi belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Adimulyo terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran pemahaman wacana cerkak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Slavin (2005:236) yang menyatakan bahwa Jigsaw memiliki 5 komponen: (1) materi; (2) membagi siswa ke dalam tim; (3) membagi siswa ke dalam kelompok ahli; (4) penentuan skor; (5) rekognisi tim. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Adimulyo. Objek penelitian ini adalah kemampuan memahami cerkak pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Adimulyo. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa (1) hasil pengamatan aktivitas siswa pada tahap pra siklus ke siklus I meningkat 26,6%, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 10%, dan dari pra siklus ke siklus II meningkat 36,6%. (2) hasil belajar siswa pada pra siklus memiliki ketuntasan 11,1% dengan nilai rata-rata sebesar 48. Pada siklus I memiliki ketuntasan 66,7% dengan nilai rata-rata 71,8. Pada siklus II memiliki ketuntasan 86,1%, dengan nilai rata-rata sebesar 84,08. Dengan begitu antara pra siklus dengan siklus I mengalami peningkatan ketuntasan sebesar 55,6%. Kemudian pra siklus dengan siklus II meningkat sebesar 75%. Peningkatan ketuntasan siklus I dengan siklus II sebesar 19,4%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran memahami wacana cerkak dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) motivasi belajar siswa berdasarkan hasil angket menunjukkan bahwa siswa termotivasi dengan adanya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini terlihat dari tahap siklus I diperoleh skor gabungan 3,8 sedangkan siklus II skor gabungan diperoleh 4,04. Kata kunci: pemahaman wacana cerkak, model pembelajaran Jigsaw
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya

 
 

Warning: file_get_contents(https://maemunah.xyz/sumber/303.txt) [function.file-get-contents]: failed to open stream: Invalid argument in C:\xampp\htdocs\digilib\index.php on line 119