Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENGGUNAANMETODE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANSESORAH PADA SISWA KELAS XI TKR-C SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Arie Suci Margasari
Subyek/Subjek Bahasa Jawa
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Bahasa dan Sastra Jawa FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik Suci Margasari, Arie.2013.“Penggunaan Metode STAD (Student Teams-Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Keterampilan Sesorah Pada Siswa Kelas XITKR-C SMK Nawa Bhakti Kebumen Tahun Ajaran 2012/2013”. Progaram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini mendeskripsikan tiga permasalahan, yaitu (1) langkah-langkah penerapan metode kooperatif type STAD, (2) pengaruh penggunaan metode kooperatif type STAD terhadapkeaktifan dan motivasibelajar siswa, dan (3) peningkatan kemampuan hasil belajar sesorahsiswa setelah menggunakan metode kooperatif type STAD. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metodekooperatif type STAD, (2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode kooperatif type STAD terhadapkeaktifan dan motivasibelajar siswa, (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan hasil belajar sesorahsiswa setelah menggunakan metode kooperatif type STAD. Peneliti menggunakan beberapa teori sebagai acuan dalam penelitian ini. Teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah teoriRobert E. Slavin (2010) menyebutkan bahwa metodekooperatif type STAD merupakan metodepembelajaran yang paling baik untuk permulaan guru yang baru menggunakan pendekatan kooperatif. Dalam akhir pembelajaran terdapat kuis, guna mengevaluasi materi yang telah diajarkan. Teori lain dari Dr. Sudi Yatmana, dkk, (2005) menyatakan sesorah adalah menjelaskan pokok pikiran dengan kata-kata yang diucapkan kepada khalayak ramai.Sumber data penelitian ini adalah hasil tes kemampuan siswa kelas XITKR-C SMK Nawa Bhakti Kebumen dalam mengerjakan soal dengan materi sesorah dengan metode STAD. Teknik pengumpulan data digunakan adalah tes dan nontes. Dalam teknik analisis data digunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penggunaan metode STAD dapat meningkatkankeaktifan dan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil observasi, pada tahap pra siklus skor yang diperoleh (R) 94, skor maksimum ideal (SM) 210, dan persentasenya 44,76%. Pada siklus I skor yang diperoleh (R) 127, skor maksimum ideal (SM) 210, dan persentasenya 60,48%. Pada siklus II mengalami perubahan signifikanyaitu skor yang diperoleh (R) 153, skor maksimum ideal (SM) 210, dan persentasenya 72,86 Kata kunci: berbicara,sesorah, metode STAD.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya