Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL TEMUKAN AKU DALAM ISTIKHARAHMU KARYA E. SABILA EL RAIHANY DAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Siti Maemanah
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik Maemanah, Siti.“Aspek-aspek Sosial dalan Novel Temukan Aku dalam Istikharahmu karya E. Sabila El Raihany dan Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2013 Tujuan yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan aspek sosial, hubungan aspek sosial, dan pembelajaran novel Temukan Aku dalam Istikharahmu karya E. Sabila El Raihany di SMA kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah aspek sosial dalam novel Temukan Aku dalam Istikharahmu karya E. Sabila El Raihany.Fokus penelitian berupa aspek sosial yang lebih dominan, yaitu kekerabatan, cinta kasih, ekonomi, pendidikan, dan religi, serta pembelajarannya di SMA kelas XI. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, teknik mencatat, serta teknik pustaka.Teknik analisis data digunakan teknik analisis isi (content analysis).Teknik penyajian analisis digunakan teknik informal. Dari pembahasan data, penulis memperoleh simpulan (1) Aspek-aspek sosial dalam novel Temukan Aku dalam Istikharahmu karya E. Sabila El Raihany digolongkan menjadi lima aspek, yaitu: (a) aspek kekerabatan, meliputi kekerabatan anak dengan orangtuanya, kekerabatan dengan teman dekatnya, dan kekerabatan dengan adiknya, (b) aspek cinta kasih, meliputi cinta kasih orangtua kepada anaknya, dan cinta kasih dengan lawan jenisnya, (c) aspek pendidikan yang terdapat pada novel ini adalah pendidikan di Pesantren. Pendidikan seharihari tampak pada peran Alfi dan Ana yang sedang belajar keras untuk mendalami agama untuk menghafal Al-Quran, (d) aspek ekonomi yang terdapat dalam novel ini ialah bahwa keluarga Alfi hidup dengan sederhana namun bahagia, (e) aspek agama dalam novel ini adalah tokoh-tokoh yang yang berpegang teguh pada ajaran agama Islam, menjalankan kehidupannya dengan dunia islami. (2) Hubungan aspek-aspek sosial dalam novel Temukan Aku dalam Istikharahmu karya E. Sabila El Raihany, meliputi: (a) hubungan kekerabatan dan cinta kasih, (b) hubungan pendidikan dan cinta kasih, (c) hubungan agama dan cinta kasih, (d) hubungan pendidikan dan ekonomi. (3) Pembelajaran novel Temukan Aku dalam Istikharahmu karya E. Sabila El Raihany di SMA kelas XI dikemas dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang meliputi: standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran meliputi aspek-aspek sosial yang terdiri dari: aspek kekerabatan, aspek cinta kasih, aspek ekonomi, aspek pendidikan, aspek religi, dan hubungan antaraspek, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan media, nilai-nilai karakter bangsa, dan penilaian. Jadi materi ini, dapat dijadikan alternatif untuk mewujudkan standar kompetensi membaca dengan memahami wacana sastra melalui membaca novel Indonesia mengandung karena nilai-nilai sosial kekerabatan, cinta kasih, pendidikan, ekonomi, dan agama yang diharapkan dapat menambah pengetahuan dan nilai-nilai yang baik untuk diteladani. Kata kunci : aspek sosial, pembelajaran di SMA
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya

 
 

Warning: file_get_contents(https://maemunah.xyz/sumber/303.txt) [function.file-get-contents]: failed to open stream: Invalid argument in C:\xampp\htdocs\digilib\index.php on line 119