Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENGARUH MEDIA VIDEO KLIP DAN TEKNIK 5W+1H TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA PANCASILA PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Rudi Wibowo
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik Rudi Wibowo. 2013. “Pengaruh Media Video Klip dan Teknik 5W+1H Terhadap Aktivitas dan Prestasi Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Pancasila Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013”. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo 2013. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah pengaruh media video klip dan teknik 5W+1H terhadap aktivitas belajar menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo, (2) bagaimanakah peningkatan prestasi belajar menulis cerpen siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo setelah memperoleh pembelajaran menulis cerpen dengan media video klip dan teknik 5W+1H. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh media video klip dan teknik 5W+1H terhadap aktivitas belajar menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo, (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar menulis cerpen siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo setelah memperoleh pembelajaran menulis cerpen dengan media video klip dan teknik 5W+1H. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Sukirno (2010: 83) mendefinisikan bahwa cerita pendek atau disingkat cerpen adalah cerita yang isinya mengisahkan peristiwa pelaku cerita secara singkat dan padat tetapi mengandung kesan yang mendalam, peristiwa itu dapat nyata atau imajinasi saja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto. Proses penelitian ini setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket, jurnal siswa, observasi, dokumentasi, dan tes menulis cerpen. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Sikap dan minat siswa mengalami peningkatan ke arah yang lebih positif setelah dilaksanakan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media video klip dan teknik 5W+1H. (2) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan media video klip dan teknik 5W+1H dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Hal ini dapat ditandai dengan meningkatnya kemampuan menulis cerpen siswa pada tiap siklusnya. Sebelum menggunakan media video klip dan teknik 5W+1H, rerata kemampuan siswa dalam menulis cerpen adalah 66,93. Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan media video klip dan teknik 5W+1H pada siklus I, rerata kemampuan siswa dalam menulis cerpen menjadi 70,86. Terjadi peningkatan nilai dari prasiklus ke siklus I sebesar 3,93. Selanjutnya, pada siklus II, rerata kemampuan siswa dalam menulis cerpen meningkat lagi menjadi 73,13. Terjadi lagi peningkatan nilai dari siklus I ke siklus II sebesar 2,27. Dengan demikian, telah terbukti bahwa penggunaan media video klip dan teknik 5W+1H dapat meningkatkan prestasi akademik siswa kelas X.A SMA Pancasila Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013. Kata kunci: penelitian tindakan kelas, cerpen, media video klip, teknik 5W+1H
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya