Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI DENGAN MEDIA TAJUK RENCANA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SAPURAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Ririn Hasanah
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik Ririn Hasanah. 2013. “Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi dengan Media Tajuk Rencana pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sapuran Tahun Pembelajaran 2012/2013”. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan proses pembelajaran menulis argumentasi dengan media tajuk rencana, (2) mendeskripsikan tanggapan siswa mengenai penggunaan media tajuk rencana sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis argumentasi siswa, serta (3) mendeskripsikan peningkatan produk keterampilan menulis argumentasi siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan media tajuk rencana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data kualitatif diperoleh melalui angket, wawancara, dan pengamatan selama kegiatan pembelajaran. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes menulis argumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang mencakup analisis data proses dan analisis data produk. Teknik penyajian hasil analisis menggunakan teknik informal. Hasil penelitian ini disimpulkan (1) penerapan pembelajaran menulis argumentasi dengan media tajuk rencana, yaitu menjelaskan materi tentang pengertian argumentasi, dan langkah-langkah dalam menulis karangan argumentasi, juga memberikan beberapa contoh jenis karangan argumentasi, menjelaskan kriteria penilaian dalam menulis karangan argumentasi yaitu aspekaspek yang akan dinilai, memberikan materi tentang pengertian tajuk rencana dan hal-hal yang berkaitan dengan tajuk rencana juga memberikan sebuah contoh teks tajuk rencana siswa, membagikan sebuah teks tajuk rencana pada setiap siswa, yaitu menulis karangan argumentasi dengan tema ”Jangan Larut dalam Euforia Kelulusan dan Jujur pada Dokumen”, (2) pembelajaran dengan media tajuk rencana mendapat tanggapan yang positif dari siswa, (3) pembelajaran dengan menggunakan media tajuk rencana juga dapat meningkatkan keterampilan menulis argumentasi, hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata tes menulis argumentasi dari tes awal hingga siklus II yang mengalami peningkatan cukup berarti. Skor rata-rata keterampilan menulis argumentasi yang diperoleh pada tes awal ialah 58, 10 mengalami peningkatan menjadi 71, 22 pada siklus I, sedangkan siklus II memperoleh skor rata-rata 78, 88. Peningkatan skor rata-rata dari tes awal ke siklus II mencapai 35, 77% dengan kategori cukup signifikan.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya