Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGGAYAM KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Iis Supriyati
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Manajemen Falkutas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik Supriyati, Iis. “Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Teknik Objek Langsung pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Karanggayam Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) mengetahui perubahan sikap siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Karanggayam Tahun Ajaran 2012/2013, setelah mendapatkan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan teknik objek langsung dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan teknik objek langsung pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Karanggayam Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Karanggayam. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes menulis paragraf deskripsi, sedangkan teknik nontes berupa lembar observasi, jurnal siswa, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data digunakan teknik kuantitatif dan kualilatif. Teknik penyajian hasil analisis digunakan analisis informal. Dari hasil analisis data terdapat adanya perubahan sikap dan peningkatan kemampuan menulis pargraf deskripsi dari prasiklus sampai siklus II. Disimpulkan bahwa: (1) perubahan sikap siswa mengalami pengaruh positif (siswa memperhatikan dan merespons dengan antusias (bertanya, menanggapi, dan membuat catatan), siswa berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan diskusi kelompok, siswa merespons positif (senang) terhadap pembelajaran dengan teknik objek langsung, siswa aktif menjawab dan selalu bertanya apabila menemukan kesulitan, siswa menulis paragraf deskripsi dengan sikap yang baik) pada siklus I sekor rata-rata 62,8% dan pada siklus II skor rata-rata 89,4%. Dengan demikian, perubahan siswa yang bersikap positif semakin bertambah dari siklus I ke siklus II sebesar 26,6%. 4; (2) peningkatan kemampuan menulis dapat dilihat dari hasil rata-rata kelas pada prasiklus 58,22, pada siklus I sebesar 69,36, dan pada siklus II sebesar 71,9. Dengan demikian, peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 11,14 dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 2,54. Kata kunci: menulis, deskripsi, teknik objek langsung, siswa
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya

 
 
https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://strengthsensei.elegance.work/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ http://agunity.jp/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://cg57811.tmweb.ru/tempototo/ http://ejournal.umpwr.ac.id/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://umbima.ac.id/wp-content/images/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/