Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR MATERI SISTEM TRANSMISI PADA SISWA KELAS XI DI SMK PANCASILA 1 KUTOARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang WIMPY SURYA RAHMANTO
Subyek/Subjek Teknik Otomotif
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Wimpy Surya Rahmanto, 082170031. Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Interaktif TerhadapKetuntasan Belajar Materi Sistem Transmisi Pada Siswa Kelas XI Di SMK PANCASILA 1 Kutoarjo. Skripsi. Purworejo. Pendidikan Teknik Otomotif. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Modul Pembelajaran dan yang diajar tanpa alat Modul Pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMK PANCASILA 1 Kutoarjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI teknik mesin otomotif. Sampel yang diambil adalah siswa dengan teknik sampel Purposive Sampling (sampel tujuan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar. Berdasar Uji Ketuntasan Belajar setelah siswa memperoleh pembelajaran, terlihat bahwa ketuntasan belajar kedua kelompok berbeda secara signifikan. Pada kelompok eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan Modul Pembelajaran memiliki ketuntasan belajar yang lebih tinggi dari kelompok kontrol yang memperoleh pembelajaran tanpa Modul. Hal ini terlihat dari tabel 4.7 diperoleh rata-rata prestasi belajar kelompok eksperimen sebesar 7.80 dimana rata-rata tersebut lebih besar dari batas nilai tuntas belajar yaitu 7.00 yang berarti belajar telah mencapai ketuntasan belajar. Pada kelompok kontrol rata-rata prestasinya adalah 7.09 dimana rata-rata tersebut lebih besar dari batas nilai tuntas belajar yaitu 7.00 yang berarti pembelajaran juga telah mencapai ketuntasan belajar. Secara umum menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Modul Pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar dan ketuntasan belajar yang lebih tinggi dari pada yang memperoleh pembelajaran tanpa menggunakan Modul Pembelajaran.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya