Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATERI PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN SISTEM PENDINGIN MELALUI TEKNIK JIGSAW PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN HASYIM ASHARI PURWOREJO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang MUH CHAMNDANI
Subyek/Subjek Teknik Otomotif
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Muh Chamndani. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Materi Pemeliharaan dan Perbaikan Sistem Pendingin Melalui Teknik Jigsaw pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Hasyim Ashari Purworejo Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Purworejo. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa dan perbedaan minat belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran pemeliharaan dan perbaikan sistem pendingan dengan metode jigsaw pada siswa kelas XI SMK Hasyim Ashari Purworejo Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Hasyim Ashari Purworejo Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini menggunakan metode PTK, data dikumpulkan dengan menggunakan cara observasi, wawancara, angket minat belajar siswa, hasil tes tertulis siswa, catatan lapangan dan dokumentasi. Data hasil dianalisis secara deskriptif untuk setiap siklus. Teknik analisis data digunakan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan minat dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran teknik otomotif materi pemeliharaan dan perbaikan sistem pendingin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perbedaan minat belajar siswa antara sebelum dan sesudah pembelajaran pemeliharaan dan perbaikan sistem pendingan dengan metode jigsaw pada siswa kelas XI SMK Hasyim Ashari Purworejo Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari hasil peningkatan prosentase siswa yang mampu mencapai nilai ketuntasan minimal dari 2 siswa pada pra siklus, menjadi 13 siswa pada siklus I dan 22 siswa pada siklus 2. Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar sebelum dan sesudah pembelajaran materi pemeliharaan dan perbaikan sistem pendingan dengan metode jigsaw pada siswa kelas XI SMK Hasyim Ashari Purworejo Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil prestasi belajar siklus I nilai rata-rata siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar adalah 68,23, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 70,68 sehingga terjadi peningkatan sebesar 2,45. Kondisi ini mengindikasikan bahwa sebagian besar siswa telah mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan nilai rata-rata 70,68. Kata kunci : minat belajar, hasil belajar, metode jigsaw
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya