DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | EFEKTIVITAS METODE ANIMASI DAN METODE KONVENSIONAL PADA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN DI SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | ARIS PURNOMO |
Subyek/Subjek | Teknik Otomotif |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Aris Purnomo. Efektivitas Metode Animasi Dan Metode Konvensional Pada Pelajaran Sistem Pengapian Di SMK Ma’arif 4 Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar sistem pengapian konvensional antara siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode animasi lebih baik dari hasil belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional pada siswa kelas XI TKR SMK Ma’arif 4 Kebumen tahun pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKR SMK Ma’arif 4 Kebumen tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, sampel yang diperoleh ada dua kelas. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode test yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat reliabitas, daya beda, dan indeks kesukaran dengan menggunakan program anates. Diawal penelitian dilakukan pengambilan data pada kedua kelompok sampel data yang diambil yaitu nilai pretest. Data dari nilai pretest dilakukan Uji Keseimbangan dengan dengan program spss didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam keadaan seimbang, karena taraf signifikasi p>α, dengan α=0.05, yaitu 0.85>0.05. Uji Normalitas dengan program spss didapatkan hasil berdistribusi normal karena taraf signifikasi p>α, dengan α=0.05, yaitu 0.23>0.05 dan 0.21>0.05. Uji Homogenitas dengan program spss didapatkan hasil variansi yang sama, karena taraf signifikasi p>α, dengan α=0.05, yaitu 0.69>0.05. Setelah diberi perlakuan dengan metode pembelajaran yang berbeda, kemudian diberikan posttest, maka nilai hasil posttest diuji kembali dengan Uji normalitas dengan menggumakan program spss, didapatkan hasil berdistribusi normal karena taraf signifikasi p>α, dengan α=0.05, yaitu 0.23>0.05. Uji Homogenitas dengan program spss didapatkan hasil variansi yang sama, karena taraf signifikasi p>α, dengan α=0.05, yaitu 0.89>0.05 Jadi homogenitas diterima, maka dapat dikatakan kelas eksperimen normal dan homogen. Setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan program spss dengan ketentuan jika p |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |