Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL DALAM MIHRAB CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZI DAN SKENARIO PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMA
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Yully Setyorini
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Yully Setyorini. Analisis Sosilogi Sastra Novel Dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan aspek-aspek sosial novel Dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El Shirazy, (2) mendeskripsikan hubungan antaraspek sosial novel Dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El Shirazy, dan (3) mendeskripsikan pembelajaran aspek-aspek sosial novel Dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El Shirazy di kelas XI SMA. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sosiologi sastra yang dikemukakan oleh Damono (1984:6), Ojek penelitian ini adalah teks novel Dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Fokus penelitian pada aspek-aspek sosial yang meliputi kekerabatan, kepercayaan pendidikan, dan cinta kasih, pengaruh antaraspek, dan skenario pembelajaran di kelas XI SMA. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi. Data dianalisis dengan metode analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis, digunakan teknik penyajian informal. Hasil penelitian: (1) aspek-aspek sosial meliputi: (a) aspek kekerabatan yang terjalin antara saudara kandung, kekerabatan antara ibu dan anak, kekerabatan yang terjalin dengan teman satu pesantren, (b) aspek kepercayaan kepada Tuhan dilihat dari para tokoh yang rajin menjalankan ibadah, (c) aspek pedidikan di Pesantren, (d) aspek cinta kasih yang terjalin antara laki-laki dan perempuan yang terjalin antara Syamsul, Silvie, dan Zizi. Aspek-aspek tersebut disajikan dengan nilai yang estetis dalam bentuk novel. (2) hubungan antaraspek sosial novel Dalam Mihrab Cinta, meliputi: (a) hubungan apek kekerabatan denga aspek kepercayaan, yaitu nadia yang selalu mengingatkan kakaknya untuk selalu mengingat Allah, serta ibunya yang tiada henti selalu berdo’a untuk keselamatan Syamsul. (b)hubungan aspek kekerabatan dengan aspek pendidikan, yaitu Ayub yang selalu membantu Syamsul belajar di pesantren yang akhirnya mejadikan mereka seorang sahabat karib. (c) hubungan aspek kepercayaan dengan aspek pendidikan, yaitu kemantapan Syamsul belajar di pesantren karena Allah, menghantarkan ia menjadi orang yang sukses dan berpendidikan. (d) hubungan aspek kepercayaan dengan aspek cinta kasih, yaitu ketika Syamsul, Silvie, dan Zizi ingin mentukan jodoh. Mereka meminta petunjuk kepada Allah untuk menunjukkan mana jodoh yang terbaik untuk mereka. (3)pembelajaran novel Dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El Shirazy, menggunakan pendekatan PAIKEM dengan langkah-langkah: (a) pelacakan pendahuluan, (b) pendekatan sikap praktis, (c) introduksi, (d) penyajian, (e) diskusi, dan (f) pengukuhan. Kata kunci: analisis sosiologi sastra, skenario pembelajaran, pendekatan PAIKEM, novel Dalam Mihrab Cinta.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya