DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | KECERDASAN QALBIAH TOKOH UTAMA DALAM FILM DI BAWAH LINDUNGAN KA’BAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN MENYIMAK SASTRA PADA SISWA KELAS X SMA |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Widaryanto |
Subyek/Subjek | Bahasa Indonesia |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Widaryanto. 2012. “Kecerdasan Qalbiah Tokoh Utama dalam Film Di Bawah Lindungan Ka’bah dan Relevansinya dengan Pembelajaran Menyimak Sastra Siswa Kelas X SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kecerdasan qalbiah tokoh utama dalam film Di Bawah Lindungan Ka’bah dan (2) mendeskripsikan relevansi kecerdasan qalbiah tokoh utama dalam film Di Bawah Lindungan Ka’bah dengan pembelajaran menyimak sastra pada siswa kelas X SMA. Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kecerdasan qalbiah. Kecerdasan qalbiah ini digunakan untuk menganalisis secara psikologis tokoh utama film Di Bawah Lindungan Ka’bah. Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah dokumentatif berobjekkan karya seni audiovisual berupa film yang berjudul Di Bawah Lindungan Ka’bah sutradara Hanny R.S. Data dalam penelitian ini adalah tindakan dan percakapan tokoh utama yang mencerminkan kecerdasan qalbiah. Data dihasilkan setelah penulis melakukan observasi dan teknik catat simak. Data yang dihasilkan disajikan dengan menggunakan teknik penyajian informal. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tokoh utama film Di Bawah Lindungan Ka’bah memiliki kualitas kecerdasan qalbiah yang cukup tinggi yakni ikhbat, ri’ayah, ikhlas, tawakal, sabar, ridha, syukur, jujur, tawadhu’, dan itsar. Pembelajaran keterampilan menyimak sastra dilakukan dengan enam tahap, yakni penentuan sikap praktis, pelacakan pendahuluan, introduksi, penyajian, diskusi, dan pengukuhan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tokoh utama dalam film Di Bawah Lindungan Ka’bah layak mendapat gelar muttaqin (orang yang mampu menahan diri mereka dari azab dan murka Allah Swt. dengan bersikap mawas diri, melakukan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya). Dalam pembelajaran menyimak sastra pada siswa kelas X SMA, materi kecerdasan qalbiah tokoh utama film Di Bawah Lindungan Ka’bah sesuai dengan silabus mata pelajaran Bahasa Indonesia Indonesia yang meliputi: (1) Standar Kompetensi: mendengarkan, memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung atau tidak langsung; (2) Kompetensi Dasar: mengidentifikasi kecerdasan qalbiah tokoh utama suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman; dan (3) Tujuan Pembelajaran: (a) siswa dapat menjelaskan unsur intrinsik dalam film Di Bawah Lindungan Ka’bah, (b) siswa dapat menanggapi kecerdasan qalbiah tokoh utama film Di Bawah Lindungan Ka’bah yang disampaikan teman, dan (c) siswa dapat menjelaskan kecerdasan qalbiah tokoh utama dalam film Di Bawah Lindungan Ka’bah. Kata kunci: kecerdasan qalbiah, tokoh utama film Di Bawah Lindungan Ka’bah |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |