DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN PENGUKURAN WAKTU, PANJANG, DAN BERAT DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS III SD SE-GUGUS ABIYASA KECAMATAN KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | WATINI |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Watini. Kemampuan Komunikasi Matematika Standar Kompetensi Menggunakan Pengukuran Panjang, Waktu, dan Berat Dalam Menyelesaikan Masalah pada Siswa Kelas III SD Se-Gugus Abiyasa Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) persentase kemampuan tiaptiap aspek komunikasi matematika; (2) rerata persentase kemampuan tiap-tiap saspek komunikasi matematika; (3) kategori kemampuan komunikasi matematika pada siswa kelas III SD se-Gugus Abiyasa Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SD se-Gugus Abiyasa Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen berjumlah 132 orang. Sampel penelitian berjumlah 132 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrument pengambilan data menggunakan soal-soal komunikasi matematika yang berbentuk essay terdiri dari 9 butir soal. Dari pengolahan data diperoleh: (1) persentase kemampuan komunikasi matematika standar kompetensi menggunakan pengukuran panjang, waktu, dan berat dalam menyelesaikan masalah pada siswa kelas III SD se-Gugus Abiyasa Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen dari nilai tertinggi sebesar 68,9% sampai nilai terendah 13,8%. Persentase kemampuan tersebut meliputi persentase kemampuan aspek A sebesar 37,17%; persentase kemampuan aspek B sebesar 57,27%; persentase kemampuan aspek C sebesar 46,17%; dan persentase kemampuan aspek D sebasar 42,12%. (2) rerata persentase kemampuan komunikasi matematika standar kompetensi menggunakan pengukuran panjang, waktu, dan berat dalam menyelesaikan masalah pada siswa kelas III SD se-gugus Abiyasa Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen sebesar 48,68%. (3) kategori kemampuan komunikasi matematika standar kompetensi menggunakan pengukuran waktu, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah pada siswa kelas III SD se-gugus Abiyasa kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen masih tergolong rendah. Kata-kata kunci: aspek-aspek kemampuan, komunikasi matematika, kemampuan komunikasi matematika. |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |