Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul Kontribusi Motivasi dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Pelajaran Alat Ukur Teknik Kendaraan Ringan Kelas X SMK Negeri 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012
Edisi Vol/ 01/ NO.01/ Oktober 2011
No. Panggil
ISBN/ISSN 2089 1288
Pengarang Purwadi
Arif Susanto, S.Pd
Subyek/Subjek Teknik Otomotif
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Makalah Seminar (Prosiding)
Bahasa Indonesia
Penerbit Jurusan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2011
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi 22-28 hal
Catatan
Detil Spesifik Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, dukungan orang tua dan asal sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran alat ukur pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 2 Kebumen tahun pelajaran 2011 /2012 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Ex-Post Facto dengan menggunakan pendekatan deskripsi korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 2 Kebumen tahun pelajaran 2011 / 2012 yang berjumlah 120 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 92 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Ganda, dengan prasarat uji analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas dengan taraf signifikasi 5 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar berdasarkan penghitungan didapatkan thitung sebesar 4,081; 2). Terdapat pengaruh yang signifikan dukungan orang tua dan prestasi belajar siswa berdasarkan penghitungan didapatkan thitung sebesar 3,459; 3). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan dukungan orang tua secara simultan terhadap prestasi belajar siswa. berdasarkan perhitungan didapat Fhitung sebesar 27,180. Besarnya sumbangan efektif (SE) variabel bebas (X) secara simultan terhadap variabel terikat (Y) diperolehan koefisien determinasi sebesar 37,9%, sedangkan 62,1% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti. Adapun Sumbangan Efektif (SE) variabel motivasi belajar siswa (X1) terhadap variabel prestasi belajar (Y) (SEx1) sebesar 21,1%, dan variabel dukungan orang tua (X2) terhadap prestasi belajar (Y) (SEx2) sebesar 16,8%; sedangkan Sumbangan Relatif (SR) variabel motivasi belajar siswa (X1) terhadap variabel prestasi belajar (Y) (SRx1) sebesar 55,6%, dan variabel dukungan orang tua (X2) terhadap prestasi belajar (Y) (SRx2) sebesar 44,4% Kata Kunci : motivasi belajar, dukungan orang tua, prestasi belajar alat ukur
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya