DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL DASAMUKA KARYA JUNAEDI SETIYONO |
Edisi | 31 Maret 2015 |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | 978-602-361-004-4 |
Pengarang | Umi Faizah, M.Pd. |
Subyek/Subjek | Nilai Sosial, Nilai Pendidikan Karakter dan Novel |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Makalah Seminar (Prosiding) |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
Tahun Terbit | 2015 |
Tempat Terbit | Surakarta |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | Abstrak:Novel berjudul Dasamuka ini bercerita tentang seorang berdarah Skotlandia bernama Willem yang berpetualang di Pulau Jawa untuk membantu Tuan Leden yang sedang meneliti tentang Bronjong. Kehidupan tokoh tersebut diwarnai dengan kehidupan sang tokoh misterius bernama Danar yang akrab dipanggil Dasamuka. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui penggambaran kehidupan sosial dalam novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono dan nilai pendidikan karakter dalam novel. Tema dari Dasamuka adalah tentang sejarah penguasa Jawa yang bernama Sultan Jarot atau Sultan Hamengkubuwono ke IV yang semena-mena terhadap rakyatnya, misalnya hukuman Bronjong yang mengerikan dan kegemarannya bermain perempuan yang mengusik ketenangan Dasamuka. Metode dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis berupa deskriptif kualitatif. Kajian sosiologi sastra, dalam makalah ini ruang lingkupnya pada kajian sosiologi karya sastra novel Dasamuka ini antara lain aspek cinta kasih, aspek perekonomian, aspek kekerabatan, aspek moralitas, dan aspek pendidikan. Nilai pendidikan karakter yang ada pada novel tersebut adalah jiwa pemberani, nilai kejujuran, nilai tanggung jawab, nilai tanggung jawab, toleransi, demokratis,nilai kebangsaan dan nilai peduli sosial yang dicitrakan oleh para tokoh utama yaitu Dasamuka dan Willem. Kata kunci: Nilai Sosial, Nilai Pendidikan Karakter dan Novel Dasamuka |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |