DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | RETORIKA SEBAGAI ILMU KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN |
Edisi | 1/No.2/ September 2014 |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | 2356-0576 |
Pengarang | Umi Faizah, M.Pd. |
Subyek/Subjek | Retorika, Komunikasi, Pendidikan |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Jurnal |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2014 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | Abstrak:Retorika merupakan ilmu yang menyajikan cara berhubungan atau interaksi manusia dengan manusia lain melalui komunikasi. Digunakan pada komunikasi verbal, yaitu berbicara atau bertutur. Media komunikasi dalam pendidikan adalah seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa atau peserta didik. Klasifikasi media komunikasi dalam pendidikan sangat beragam, yakni menurut sifatnya, kemampuan jangkauannya, cara atau teknik pemakaiannya, dan bentuk dan cara penyajiannya. Jenis media antara lain 1) Media auditif, yaitu media yang hanya dapat didengar saja, atau media yang hanya memiliki unsur suara, seperti radio, tape recorder, kaset, piringan hitam dan rekaman suara. (Sadiman, Arif S., 2011: 17), 2) Media visual, yaitu media yang hanya dapat dilihat saja, tidak mengandung unsur suara. Beberapa hal yang termasuk ke dalam media ini adalah film slide, foto, transparansi, lukisan, gambar, dan berbagai bentuk bahan yang dicetak seperti media grafis dan lain sebagainya, 3) Media audio visual, yaitu jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang dapat dilihat, seperti rekaman video, berbagai ukuran film, slide suara dan lain sebagainya. Manfaat media komunikasi dalam pendidikan secara garis besar yaitu menangkap suatu objek atau peristiwa-peristiwa tertentu, memanipulasi keadaan, peristiwa atau objek tertentu, dan menambah gairah serta motivasi belajar siswa. Pemanfaatan media komunikasi dalam pendidikan terus berkembang sesuai dengan perkembangan konsep belajar mengajar dan harus berdasarkan prinsip-prinsip yang sesuai dan ditujukan agar tercapainya tujuan pendidikan yaitu media digunakan dan diarahkan untuk mempermudah siswa belajar dalam upaya memahami materi pelajaran, harus sesuai dan diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran, harus sesuai dengan materi pembelajaran, harus sesuai dengan minat, kebutuhan dan kondisi siswa, harus memerhatikan efektivitas dan efisiensi, serta harus sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoperasikannya. Kata kunci: Retorika, Komunikasi, Pendidikan |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |