DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN GARIS DAN SUDUT PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Siti Kun Farikhah |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Siti Kun Farikhah. Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo 2012. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan garis dan sudut pada siswa kelas VII F SMPN 4 Purworejo dengan menggunakan model pembelajaran open-ended. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII F SMPN 4 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data telah divalidasikan oleh tiga validator dan telah memenuhi standar validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan persentase dan rerata. Data awal yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata siswa sebesar 61,67 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 31,25%. Setelah dilakukan penelitian diperoleh nilai rerata siswa sebesar 67 di siklus I, dan meningkat menjadi sebesar 72,438 pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I diperoleh 56,25% yang kemudian meningkat sebesar 71,875% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran open-ended dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII F SMPN 4 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Kata kunci: Pembelajaran, open-ended, prestasi |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |