DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VII E SEMESTER 2 SMP NEGERI 40 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Pujiyanto |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Pujiyanto. Upaya Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas VII E Semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika melalui model cooperative learning tipe think pair share (TPS) pada siswa kelas VII E semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keaktifan belajar siswa dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar pada siswa kelas VII E semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 terus mengalami peningkatan yang ditandai dengan peningkatan keaktifan belajar klasikal siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 45,71% menjadi 62,86%, dan dari siklus II ke siklus III, yaitu dari 62,86% menjadi 77,14%. Selain itu, prestasi belajar siswa juga terus mengalami peningkatan yang ditandai dengan peningkatan rerata nilai siswa dan ketuntasan belajar klasikal siswa dari data awal ke siklus I yaitu rerata nilai siswa dari 45,43 menjadi 49,14 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa dari 8,57% menjadi 25,71%, dari siklus I ke siklus II, yaitu rerata nilai siswa dari 49,14 menjadi 63,43 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa dari 25,71% menjadi 54,29%, dan dari siklus II ke siklus III, yaitu rerata nilai siswa dari 63,43 menjadi 72,14 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa dari 54,29% menjadi 80,00%. Kata-kata kunci: peningkatan, keaktifan belajar, prestasi belajar, cooperative learning tipe think pair share (TPS) |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |