DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | PENERAPAN LEARNING CYCLE PADA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP SISWA KELAS IX MTS MA’ARIF JATILAWANG |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Muhammad Syafek |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Muhammad Syafek. 072143068. Penerapan Learning Cycle pada Pelajaran Matematika terhadap Siswa Kelas IX MTs Ma’arif Jatilawang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui rerata tes akhir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penerapan model LC5E dan penerapan model pembelajaran ekspositori dengan materi pokok bangun ruang sisi lengkung standar kompetensi geometri dan pengukuran (memahami sifat-sifat tabung serta menentukan ukurannya) pada siswa kelas IX MTs Ma’arif Jatilawang tahun pelajaran 2011/2012; 2) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penerapan model LC5E dan penerapan model pembelajaran ekspositori dengan materi pokok bangun ruang sisi lengkung standar kompetensi geometri dan pengukuran (memahami sifat-sifat tabung serta menentukan ukurannya) pada siswa kelas IX MTs Ma’arif Jatilawang tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX MTs Ma’arif Jatilawang tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian sebagai kelas eksperimen diambil dari kelas IXA yang berjumlah 28 siswa dan sampel penelitian sebagai kelas kontrol diambil dari kelas IXB yang berjumlah 28 siswa. Berdasarkan perhitungan rerata diperoleh kelas eksperimen sebesar 80,07 dan kelas kontrol sebesar 73,93 dan perhitungan hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 2,2308 dan nilai t tabel dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan (n1 + n2 – 2) sebesar 28 + 28 – 2 = 54 adalah 2,0063. Nilai t hitung lebih dari t tabel (2,2308 > 2,0063), sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti ada perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan model LC5E dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori dalam materi pokok bangun ruang sisi lengkung (tabung) pada siswa kelas IX MTs Ma’arif Jatilawang tahun pelajaran 2011/2012. Kata kunci: LC5E, Ekspositori, Prestasi Belajar Matematika. |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |