DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SIDOMULYO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Muhammad Masruchan |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Muhammad Masruchan. Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sidomulyo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika kelas V di SD Negeri Sidomulyo melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI); (2) mengetahui respon siswa SD Negeri Sidomulyo terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian tindakan kelas pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang ini dilaksanakan dalam dua siklus. Obyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sidomulyo yang berjumlah 25 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil pengamatan selama pembelajaran berlangsung, angket motivasi belajar siswa, angket aktivitas belajar siswa, dokumentasi serta hasil tes akhir siklus. Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan indikator efektivitas pembelajaran yang meliputi proses dan hasil, dapat dilihat dari peningkatan interaksi melalui lembar pengamatan yaitu dari 86,25% pada siklus 1 menjadi 94,25% pada siklus 2. Peningkatan motivasi belajar siswa dari 79,3% pada siklus 1 menjadi 79,5% pada siklus 2. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari 80,4% pada siklus 1 menjadi 80,6% pada siklus 2. Serta peningkatan rata-rata hasil tes akhir siklus dari 78,26 pada siklus 1 menjadi 84,36 pada siklus 2. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan efektivitas pembelajaran, selain itu siswa merespon dengan baik penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Kata kunci: efektivitas, kooperatif, TAI |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |