DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGSAMBUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Lily Nuraeni |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Lily Nuraeni. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Discovery pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Karangsambung Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Metode Pembelajaran Discovery lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika yang mengunakan Metode Pembelajaran Ekspositori pada pokok bahasan bangun ruang siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karangsambung Tahun Pelajaran 2011/2012”. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan dari bulan April 2012 sampai bulan Juli 2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karangsambung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar matematika. Validitas instrumen tes diuji dengan teknik korelasi product moment berdasar kriterium, uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji Barlett untuk uji homogenitas. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis dalam penelitian menggunakan uji t, dengan α = 0,05 menunjukkan ℎ = 2,042 > 1,67722 = . Hasil penelitian menunjukkan 0 ditolak berarti hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran discovery lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Karangsambung pada pokok bahasan bangun ruang. Kata Kunci: metode discovery, metode ekspositori, hasil belajar. |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |