DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI SEGIEMPAT SISWA KELAS VII MTS MA’ARIF NU PITURUH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | LEGINO |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Legino. 072143067. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode NHT (Numbered Head Together) Terhadap Prestasi Belajar Materi Segiempat Siswa Kelas VII MTs Ma’arif NU Pituruh Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan metode NHT lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan metode konvensional pada materi segiempat. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ma’arif NU Pituruh Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 126 siswa yang terbagi menjadi empat kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas secara acak, yaitu siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode dukumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t pihak kanan. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata data awal kelompok eksperimen sebesar 14,50 rata-rata tes akhir (post test) kelompok eksperimen sebesar 67,65. Sedangkan rata-rata data awal kelompok kontrol sebesar 14,33 rata-rata tes akhir (post test) kelompok kontrol sebesar 62,33. Dari hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 2,011. Derajat kebebasannya adalah 30 + 32 – 2 = 1,671 dengan derajat kesalahan 5% sedangkan pengujian dilakukan dengan menggunakan uji t pihak kanan didapat ttabel = 1,671. Nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,011 > 1,671) dan dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga prestasi belajar siswa yang menggunakan metode NHT lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan metode konvensional Kata kunci: Eksperimentasi, NHT, prestasi belajar. |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |