DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs HIDAYATUSSIBYAN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Khoirun Abror |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Khoirun Abror. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Missouri Mathematics Project Materi Bangun Ruang Sisi Datar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Hidayatussibyan Wonosobo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model konvensional pada materi bangun ruang sisi datar. Ini dilakukan sebagai salah satu upaya pengembangan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar dan kualitas pembelajaran matematika. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Hidayatussibyan Wonosobo tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 106 siswa dan terbagi dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling dengan melakukan undian per kelas untuk menentukan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden yang terbagi 25 responden dalam kelompok eksperimen dan 25 siswa dalam kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes prestasi belajar matematika materi bangun ruang sisi datar dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen bentuk pre-experimental designs tipe one-shot case study. Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan t hipotesis pihak kanan. Sebelum data penelitian yang diperoleh dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis variansi yaitu uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett dengan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil analisis data diperoleh tobs = 2,647, dan ttabel = t(0,05)(48) = 1,645, maka DK = {t | t > 1,645}. Karena tobs ∈ DK maka H0 ditolak dan H1 diterima. Uji hipotesis ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model Missouri Mathematics Project lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model konvensional pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Hidayatussibyan Wonosobo Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata kunci : Missouri Mathematics Project, konvensional, prestasi belajar. |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |