DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VII SMP N 13 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Ika Setianingsih |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Ika Setianingsih. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas VII SMP N 13 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Cooperative Learning tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional materi keliling dan luas bangun datar segiempat pada siswa kelas VII SMP N 13 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 13 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelas VII A sebagai kelas kontrol sebanyak 34 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi yang berupa data nilai matematika pada ujian akhir semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi keliling dan luas bangun datar segiempat. Instrumen tes diuji cobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas tes di uji dengan rumus product moment, diperoleh nilai validitas sebesar 0,79 termasuk dalam korelasi tinggi, sedangkan reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20, diperoleh nilai 0,65 termasuk dalam kategori sedang. Dari perhitungan daya pembeda dan tingkat kesukaran, diperoleh soal yang diterima sebanyak 27 soal. Uji Prasyarat analisis menggunakan Uji Lilliefors untuk Uji Normalitas dan Uji Bartlett untuk Uji Homogenitas dengan |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |