Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul NILAI MORAL DALAM NOVEL MENEBUS IMPIAN KARYA ABIDAH EL KHALIEQY DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Nita Wahyuningsih
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Wahyuningsih, Nita. 2013. “Nilai Moral dalam Novel Menebus Impian Karya Abidah El Khalieqy dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas XI SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrepsikan: (1) unsur-unsur intrinsik novel Menebus Impian, (2) nilai-nilai moral dalam novel Menebus Impian, dan (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy di SMA. Sumber data penelitian ini adalah novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy yang diterbitkan oleh Qalbymedia tahun 2010. Objek penelitiannya adalah unsur-unsur intrinsik, nilai-nilai moral, dan rencana pelaksanaan pembelajaran novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy di SMA. Penelitian ini difokuskan pada tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, amanat, dan sudut pandang, serta sikap atau pelaku tokoh-tokoh dalam novel Menebus Impian yang mengandung nilai moral. Data dikumpulkan menggunakan teknik pustaka dengan peneliti sendiri sebagai human instrumen yang dibantu kartu data. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis isi (content analysis) dan hasilnya dipaparkan menggunakan metode informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan: (1) unsur intrinsik novel Menebus Impian terdiri dari tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, amanat, dan sudut pandang. Unsur-unsur intrinsik tersebut saling berhubungan satu dengan lainnya sehingga membentuk totalitas cerita yang padu dan harmonis; (2) nilai-nilai moral yang ada dalam novel Menebus Impian diantaranya adalah (a) nilai religius/agama (ber-sumber dari hubungan tokoh dengan tuhannya), (b) nilai kasih sayang, (c) nilai peduli sosial, (d) nilai toleransi (bersumber dari hubungan manusia dengan sesamanya), (e) nilai kerja keras, (f) nilai disiplin, dan (g) nilai mandiri (bersumber dari hubungan tokoh dengan dirinya sendiri); (3) nilai-nilai moral dalam novel Menebus Impian dapat dimanfaatkan sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra untuk kelas XI SMA, yakni dalam pembelajaran Kompetensi Dasar mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh. Indikator pembelajaran novel ini adalah: mengungkapkan tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, amanat, dan sudut pandang dalam novel Menebus Impian, mengungkapkan hubungan antarunsur intrinsik novel Menebus Impian, dan mengungkapkan nilai-nilai moral novel ini layak untuk diteladani oleh generasi muda usia remaja, khususnya siswa SMA. Secara psikologis, siswa SMA membutuhkan internalisasi nilai-nilai kehidupan untuk merangsang dan memotivasi pembentukkan konsep diri yang berkarakter. Kata kunci: nilai moral, rencana pelaksanaan pembelajaran sastra
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya