DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM UPAYA PENINGKATAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN PERBAIKAN SISTEM PELUMASAN KELAS XI SMK HASYIM ASY’ARI PURWOREJO |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Yayok Erlambang |
Subyek/Subjek | Pendidikan Teknik Otomotif |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2013 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | Abstrak: Yayok Erlambang, 082170033, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dalam Upaya Peningkatan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran Perbaikan Sistem Pelumasan Kelas XI SMK Hasyim Asy’ari Purworejo. Skripsi. Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan meningkatkan kerjasama belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran perbaikan sistem pelumasan kelas XI SMK Hasyim Asy’ari Purworejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI SMK Hasyim Asy’ari Purworejo yang berjumlah 24 siswa. Data diperoleh melalui pengamatan dengan menggunakan lembar observasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran perbaikan sistem pelumasan dapat meningkatkan kerjasama belajar siswa kelas XI SMK Hasyim Asy’ari Purworejo, yaitu dari 57,5% pada pra siklus menjadi 64,17% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 81,67% pada siklus II. Dengan demikian terjadi peningkatan kerjasama belajar siswa sebesar 6,67% dari pra siklus ke siklus I, dan sebesar 17,5% dari siklus I ke siklus II. Kata Kunci : Kerjasama, Belajar, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |