Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PEMANFAATAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATERI SISTEM STARTER PADA SISWA KELAS XI SMK YEPEKA PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Idar Badaruddin Asyuyuti
Subyek/Subjek Pendidikan Teknik Otomotif
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik Abstrak: Idar Badaruddin Asyuyutisyuyuti. 0892170061. Pemanfaatan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Materi Sistem Starter Pada Siswa Kelas XI SMK YEPEKA Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2013 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa SMK YEPEKA Purworejo. Hal ini ditandai dengan rendahnya keberanian siswa untuk bertanya mengenai persoalan yang belum dipahami dan menjawab pertanyaan selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dengan memanfaatkan model pembelajaran Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK YEPEKA Purworejo tahun pelajaran 2013/ 2014, yang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan model pembelajaran Snowball Throwing dalam pembelajaran Sistem Starter dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI SMK YEPEKA Purworejo. Berdasarkan data hasil observasi terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa dari persentase rata-rata 44% pada pra siklus menjadi 53,2% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 71,4% pada siklus II. Pada siklus I rata-rata persentase angket keaktifan belajar siswa yaitu 80% dan meningkat menjadi 81,2% pada siklus II. Peningkatan keaktifan belajar siswa ini berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar. Rata-rata nilai siswa dari 57,53 dengan ketuntasan 40% pada pra siklus meningkat menjadi 65,31 dengan ketuntasan 52% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 71,2 dengan ketuntasan 80% pada siklus II. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah model pembelajaran Snowball Throwing dapat digunakan ke depannya sebagai alternatif dalam pembelajaran yang mengupayakan peningkatan keaktifan belajar. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Model Pembelajaran Snowball Throwing.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya