DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH BERBICARA (RETORIKA)BERBASIS COOPERATIVE LEARNING THINK-PAIR-SHARE (TPS) DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Umi Faizah, M. Pd |
Subyek/Subjek | Bahasa Indonesia |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Data Penelitian |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2011 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | Abstrak:Penelitian ini berjudul Pengembangan Bahan Ajar mata kuliah Berbicara (Retorika) dengan pendekatan cooperatif learning di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mendeskripsikan kebutuhan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo akan bahan ajar mata kuliah Berbicara yang perlu diajarkan; (2) mengembangan produk awal (prototype) bahan ajar mata kuliah Berbicara dengan pendekatan cooperatif learning di Universitas Muhammadiyah Purworejo; (3) menguji keefektifan bahan ajar mata kuliah Berbicara yang dikembangkan dengan pendekatan cooperatif learning di Universitas Muhammadiyah Purworejo; (4) mendeskripsikan tanggapan mahasiswa, dosen, maupun stakeholders lain terhadap kelayakan bahan ajar mata kuliah Berbicara yang dikembangkan dengan pendekatan cooperatif learning di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Metode penelitian pengembangan (Researh and Development/R&D) digunakan dalam penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar. Tahap metode tersebut mencakup: (1) tahap studi pendahuluan, yakni studi literatur dan studi lapangan; (2) tahap studi pengembangan, meliputi: analisis bahan ajar, desain produk awal (prototype) pengembangan bahan ajar menjadi bahan ajar Cooperatif Learning Think Pair Share; (3) tahap evaluasi untuk menguji keefektifan dan kelayakan bahan ajar mata kuliah Berbicara V Berbasis Cooperatif Learning Think Pair Share di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hasil yang diperoleh: 1) kebutuhan bahan ajar menurut dosen dan mahasiswa, memperhatikan: (a) konteks berbahasa untuk berbagai ragam tujuan berbahasa, (b) mengikuti perkembangan zaman dengan mengangkat tema yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat, (c) sesuai dengan KTSP, (d) tugas atau latihan dapat memberikan stimulus bagi untuk aktif berbicara, (e) materi yang terdapat pada bahan ajar menarik minat mahasiswa, jelas dan mudah dipahami, dan (f) relatif siap dipakai pada kondisi fasilitas universitas yang minimal; 2) mengembangkan prototype menjadi bahan ajar mata kuliah Berbicara V Berbasis Cooperatif Learning Think Pair Share di Universitas Muhammadiyah Purworejo dilakukan dengan: (a) menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, (b) materi dan tugas bersifat otentik dikembangkan secara kooperatif dan situasional, serta dapat mengembangkan wawasan intelektual dan afektif, dan (c) proses penilaian dilakukan dengan penilaian kelas; 3) hasil uji keefektifan dengan uji-t nonindependen menunjukkan bahan ajar berbasis Cooperatif Learning Think Pair Share efektif; dan 4) hasil uji kelayakan pengembangan bahan ajar kuliah Berbicara V Berbasis Cooperatif Learning Think Pair Share dinyatakan baik dengan komponen penilaian kelayakan isi/ materi 78%, kebahasaan 76%, penyajian materi 78%, dan grafik 79%. |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |