DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | KORELASI PERSEPSI TENTANG MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN MIRIT KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Ayu Setyaningsih |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Ayu Setyaningsih. Korelasi Persepsi Tentang Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri se-Kecamatan Mirit kabupaten Kebumen Tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika.. Universitas Muhammad iyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana persepsi tentang pelajaran matematika; (2) bagaimana prestasi belajar matematika siswa; (3) ada atau tidak hubungan persepsi tentang matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Mirit. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri se-Kecamatan Mirit berjumlah 781 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 144 siswa, yaitu siswa SD Negeri 2 Sarwogadung, siswa SD Negeri 2 Abean, siswa SD Negeri 3 Abean, siswa SD Negeri Sitibentar, siswa SD Negeri Krubungan dan siswa SD Negeri Mangunranan yang telah menjadi sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa rerata persepsi tentang matematika siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Mirit tahun ajaran 2011/2012 dalam penelitian ini ≥ 60%, yaitu 84,62% dengan kriteria persentase sangat baik dan standar deviasinya adalah 9,12%. Rerata prestasi belajar matematika < 60%, yaitu 36,29% dengan kriteria persentase kurang sekali dan standar deviasinya adalah 17,32%. Koefisien korelasi persepsi siswa tentang matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri se- Kecamatan Mirit tahun ajaran 2011/2012 dalam penelitian ini sebesar 0,60, berarti persepsi siswa tentang matematika mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Hubungan ini bermakna ditunjukkan dengan nilai thitung = 8,92 dikonsultasikan ke dalam tabel distribui t dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (dk) = 142, diperoleh nilai ttabel = 1,64 dan dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ada hubungan persepsi tentang matematika terhadap prestasi belajar siswa. Besarnya sumbangan persepsi tentang matematika sebesar 36% terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Mirit tahun pelajaran 2011/ 2012. Kata-kata kunci: persepsi, prestasi, dan matematika. |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |