DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIIIB SMP N 2 ADIMULYO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | ASRUL FATAH |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Asrul Fatah. Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Model Koperatif Tipe Jigsaw pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIIIB SMP N 2 Adimulyo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini diterapkan pada materi bangun ruang sisi datar, yaitu kubus, balok, limas, dan prisma. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan selama 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Adimulyo siswa kelas VIIIB Tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode, yaitu metode observasi, metode tes, dan metode angket. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus rerata dan persentase. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil keaktifan belajar siswa pada siklus I rerata skor keaktifan belajar siswa sebesar 83,90 dengan ketuntasan klasikal 55,17%; pada siklus II rerata skor keaktifan belajar siswa mencapai 85,17 dengan ketuntasan klasikal 65,52%; dan pada siklus III rerata skor keaktifan belajar siswa mencapai 86,55 dengan ketuntasan klasikal 82,76%. Sedangkan rerata prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 66,90 dengan ketuntasan klasikal 66,96% kemudian pada siklus II mencapai 69,83 dengan ketuntasan klasikal 82,75% dan pada siklus III sudah mencapai 78,79 dengan ketuntasan klasikal 89,65%. Ini berarti keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Jadi, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar di kelas VIIIB SMP Negeri 2 Adimulyo tahun pelajaran 2011/2012 pada materi bangun ruang sisi datar. Kata-kata kunci : model pembelajaran kooperatif, Jigsaw, keaktifan belajar |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |