DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 40 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Arifin |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Arifin. Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Segiempat Siswa Kelas vii Smp Negeri 40 Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional materi segiempat pada siswa kelas VII SMP Negeri 40 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 40 Purworejo tahun ajaran 2011/2012, yang terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas yang kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan, yang dimulai pada bulan Februari 2012 sampai dengan bulan Juli 2012. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Dari pengolahan data diperoleh rerata untuk kelas eksperimen adalah 75,42 dengan simpangan baku 12,470, sedangkan rerata untuk kelas kontrol adalah 68,08 dengan simpangan baku 9,782. Dari hasil pengolahan juga diketahui bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen. Kemudian untuk perhitungan hipotesis dengan nilai uji t, diperoleh nilai = 2,775 dan ∝; = 1,667 pada taraf signifikan 0,05. Karena > ∝; atau 2,775 >1,667 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H diterima dan H ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional materi segiempat pada siswa kelas VII SMP Negeri 40 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Kata kunci: Eksperimentasi, Numbered Heads Together, prestasi belajar |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |