DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | EKSPERIMENTASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL) BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Arie Purwa Kusuma |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Arie Purwa Kusuma. Eksperimentasi Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Macromedia Flash ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran SAVI memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran Konvensional pada materi kubus dan balok, (2) apakah motivasi belajar tinggi memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada materi kubus dan balok, (3) apakah terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP N 1 Purworejo yang berjumlah 158 siswa. Sampel penelitian berjumlah 55 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik stratified cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, dan angket dengan skala Likert, instrumen penelitian telah diuji cobakan dan sudah memenuhi validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan dengan Sel tak Sama. Hasil analisis variansi memberikan hasil F = 5.52 , F = 0.44 , F = 0.22, sedangkan DK untuk F adalah = {F | F > . ; ; } = { | > 4.04}, DK untuk F adalah = {F | F > . ; ; } = { | > 3.19}, dan DK untuk F adalah = {F | F > . ; ; } = { | > 3.19} artinya H ditolak; H diterima; H diterima, hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan Macromedia Flash memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok, tidak ada perbedaan hasil belajar antara motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah pada materi kubus dan balok, tidak terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok. Kata kunci : model SAVI, motivasi belajar, hasil belajar |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |