DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA METODE CIRC TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS BANGUN SEGI EMPAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | ANTO PIRDAUS |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Anto Pirdaus. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Metode CIRC terhadap Pemahaman Konsep Pokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Segi Empat Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih baik dari pada pemahaman konsep dengan menggunakan model pembelajaran ceramah pada pokok bahasan keliling dan luas bangun segi empat kelas VII semester 2 SMP Negeri 19 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 19 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah populasi sebanyak 6 kelas dengan jumlah 190 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas dengan jumlah 64 siswa, yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah hasil tes pemahaman konsep pada pokok bahasan keliling dan luas segi empat. Instrumen tes diujicobakan pada siswa kelas VII D SMP Negeri 25 purworejo. Validitas instrumen tes dilakukan dengan validitas kriterium, dalam arti memiliki kesejajaran antara hasil tes tersebut dengan kriterium. Reliabilitas tes diuji dengan rumus Spearman-Brown. Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Dengan = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan dengan rumus t. Rerata hasil belajar matematika yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC diperoleh 88,01, sedangkan rerata hasil belajar matematika dengan metode pembelajaran ceramah diperoleh 80,03. Dengan = 0,05 diperoleh thitung = 3,64 > 0,1960= ttabel sehingga disimpulkan pemahaman konsep dengan metode CIRC lebih baik daripada metode pembelajaran ceramah terhadap pemahaman konsep pokok bahasan keliling dan luas bangun segi empat. Kata Kunci : Pembelajaran, CIRC, Ceramah. |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |