Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul Kemampuan guru SMP dan SMA Muhammadiyah Sekabupaten Purworejo dalam menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Drs. Mochammad Chamdi Rochmat
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Laporan Penelitian
Bahasa Indonesia
Penerbit Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Proyek Peningkatan Dan Pengembangan Kopertis Wilayah VI
Tahun Terbit 1985
Tempat Terbit Semarang
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik Ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan diresmikan penggunaannya sejak tahun 1972. Sementara itu, pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan telah diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia sejak tahun 1975. Meskipun demikian, sampai saat ini masih kita sering temukan kesalahan-kesalahan pemakaian ejaan yang dibuat oleh para pemakai bahasa Indonesia pada media cetak. Kesalahan-kesalahan tersebut sangat memprihatinkan. Lebih-lebih bila kesalahan itu dibuat oleh para guru. Hal ini tentu perlu dicarikan upaya pemecahanya. Dan upaya awal yang dipandang gayut dengan permasalahan tersebut adalah penelitian tentang kemampuan guru SMP dan SMA Muhammadiyah Sekabupaten Purworejo dalam menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan. Penelitian ini bertujuan untuk menmgetahui sejauh manakan kemampuan guru SMP dan SMA Muhammadiyah Purworejo dalam menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan, yang meliputi: (1) Penyukuan kata, (2) Pemakaian/ Penulisan huruf besar atau huruf capital, (3) penulisan kata, (4) penulisan unsur serapan, (5) penggunaan tanda baca. Dalam penelitian ini digunakan analisis deskriptif persentase. Analisis ini menggambarkan berapa persenkah jumlah kemampuan menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan yang dimiliki oleh guru SMP dan SMA Muhammadiyah se KAbupaten Purworejo. Dengan adanya persentase ini, dapat diketahui di mana letak komponen-komponen ejaan bahasa Indonesia yang disampurnakan yang belum dikuasai, bahkan sampai aspek-aspeknya. Kemampuan guru SMP dan SMA Muhammadiyah sekabupaten purworejo dapat diperinci Sbb: Komponen pemakaian huruf 49% Komponen penulisan huruf 32% Komponen penulisan kata 46% Komponen penulisan unsur serapan 50% Komponen penggunaan tanda baca 49% Adapun kemampuan guru setiap sekolah dapat diperinci sbb: SMP Muhammadiyah Jono 46% SMA Muhammadiyah Kutoarjo 43% SMA Muhammadiyah Purworejo 47% SMP Muhammadiyah Kutoarjo 42% SMP Muhammadiyah Pituruh 64% SMP Muhammadiyah Purworejo 57% SMP Muhammadiyah Purwodadi 42% SMP Muhammadiyah Bagelen 35% Jadi kemampuan secara keseluruhan = 47%
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya