DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | Kemampuan guru SMP dan SMA Muhammadiyah Sekabupaten Purworejo dalam menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Drs. Mochammad Chamdi Rochmat |
Subyek/Subjek | Bahasa Indonesia |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Laporan Penelitian |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Proyek Peningkatan Dan Pengembangan Kopertis Wilayah VI |
Tahun Terbit | 1985 |
Tempat Terbit | Semarang |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | Ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan diresmikan penggunaannya sejak tahun 1972. Sementara itu, pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan telah diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia sejak tahun 1975. Meskipun demikian, sampai saat ini masih kita sering temukan kesalahan-kesalahan pemakaian ejaan yang dibuat oleh para pemakai bahasa Indonesia pada media cetak. Kesalahan-kesalahan tersebut sangat memprihatinkan. Lebih-lebih bila kesalahan itu dibuat oleh para guru. Hal ini tentu perlu dicarikan upaya pemecahanya. Dan upaya awal yang dipandang gayut dengan permasalahan tersebut adalah penelitian tentang kemampuan guru SMP dan SMA Muhammadiyah Sekabupaten Purworejo dalam menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan. Penelitian ini bertujuan untuk menmgetahui sejauh manakan kemampuan guru SMP dan SMA Muhammadiyah Purworejo dalam menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan, yang meliputi: (1) Penyukuan kata, (2) Pemakaian/ Penulisan huruf besar atau huruf capital, (3) penulisan kata, (4) penulisan unsur serapan, (5) penggunaan tanda baca. Dalam penelitian ini digunakan analisis deskriptif persentase. Analisis ini menggambarkan berapa persenkah jumlah kemampuan menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan yang dimiliki oleh guru SMP dan SMA Muhammadiyah se KAbupaten Purworejo. Dengan adanya persentase ini, dapat diketahui di mana letak komponen-komponen ejaan bahasa Indonesia yang disampurnakan yang belum dikuasai, bahkan sampai aspek-aspeknya. Kemampuan guru SMP dan SMA Muhammadiyah sekabupaten purworejo dapat diperinci Sbb: Komponen pemakaian huruf 49% Komponen penulisan huruf 32% Komponen penulisan kata 46% Komponen penulisan unsur serapan 50% Komponen penggunaan tanda baca 49% Adapun kemampuan guru setiap sekolah dapat diperinci sbb: SMP Muhammadiyah Jono 46% SMA Muhammadiyah Kutoarjo 43% SMA Muhammadiyah Purworejo 47% SMP Muhammadiyah Kutoarjo 42% SMP Muhammadiyah Pituruh 64% SMP Muhammadiyah Purworejo 57% SMP Muhammadiyah Purwodadi 42% SMP Muhammadiyah Bagelen 35% Jadi kemampuan secara keseluruhan = 47% |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |