Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD KELAS V SE-GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN SRUWENG KABUPATEN KEBUMEN
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang KURNI AKBAR SARI
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Kurni Akbar Sari. Eksperimentasi Model Pembelajaran TGT pada Materi Bangun Ruang Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Kelas V se- Gugus Budi Utomo Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo 2012. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran TGT memberikan pengaruh lebih baik terhadap prestasi belajar matematika dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori pada materi bangun ruang siswa SD kelas V se-gugus Budi Utomo kecamatan Sruweng. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Budi Utomo kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari lima SD negeri dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 132 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 41 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar matematika siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan. Validitas instrumen diuji menggunakan validitas butir soal, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20. Uji prasarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan α = 0.05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan variansi sampelnya sama. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0.05 menunjukkan tobs sebesar 0.354 lebih kecil dari ttabel sebesar 1.645 sehingga H0 diterima ini berarti model pembelajaran Teams Games Tournament tidak menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran ekspositiri pada materi bangun ruang terhadap peserta didik kelas V SD se-Gugus Budi Utomo Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2011/2012. Kata kunci: Model Teams Games Tournament, Bangun Ruang, Model Pembelajaran Ekspositori
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya