DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD KELAS V SE-GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN SRUWENG KABUPATEN KEBUMEN |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | KURNI AKBAR SARI |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Program Studi Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2013 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Kurni Akbar Sari. Eksperimentasi Model Pembelajaran TGT pada Materi Bangun Ruang Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Kelas V se- Gugus Budi Utomo Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo 2012. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran TGT memberikan pengaruh lebih baik terhadap prestasi belajar matematika dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori pada materi bangun ruang siswa SD kelas V se-gugus Budi Utomo kecamatan Sruweng. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Budi Utomo kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari lima SD negeri dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 132 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 41 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar matematika siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan. Validitas instrumen diuji menggunakan validitas butir soal, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20. Uji prasarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan α = 0.05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan variansi sampelnya sama. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0.05 menunjukkan tobs sebesar 0.354 lebih kecil dari ttabel sebesar 1.645 sehingga H0 diterima ini berarti model pembelajaran Teams Games Tournament tidak menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran ekspositiri pada materi bangun ruang terhadap peserta didik kelas V SD se-Gugus Budi Utomo Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2011/2012. Kata kunci: Model Teams Games Tournament, Bangun Ruang, Model Pembelajaran Ekspositori |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |