Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING MENGGUNAKAN MEDIA LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 03 WONOSARI KEBUMEN PADA MATERI POKOK LUAS DAERAH BANGUN DATAR
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Ice Nurjanah
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Ice Nurjanah. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Menggunakan Media LKS dan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas V SD Negeri 03 Wonosari Kebumen pada Materi Pokok Luas Daerah Bangun Datar”. Skripsi. Pendidikan Matematika. FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan bantuan LKS dan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan aktivitas siswa kelas V SD Negeri 03 Wonosari Kebumen pada materi pokok luas daerah bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Wonosari Kebumen semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Data diambil dengan menggunakan tes dan lembar pengamatan. Untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika tersebut diambil dari tes evaluasi pada akhir pertemuan tiap siklus. Selain itu juga diambil data tentang aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran kooperatif dengan lembar pengamatan. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apabila nilai rata-rata kelas  6,5 dengan persentase ketuntasan klasikal  55% dan apabila diperoleh skor rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif  50% yang diambil dengan menggunakan lembar pengamatan. Hasil siklus I siswa yang mendapat nilai  6,5 ada 17 siswa ( 53,12%), pada evaluasi siklus II yang mendapat nilai  6,5 ada 24 siswa (75%). Hasil yang dicapai pada akhir siklus I ke siklus II menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu, pada siklus I siswa yang aktif dalam proses pembelajaran mencapai 44,75% dan pada siklus II siswa yang aktif dalam proses pembelajaran mencapai 56,2%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan keaktivan belajar matematika siswa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing menggunakan media LKS dan alat peraga dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Snowball Throwing, Aktivitas Siswa, Luas Daerah Bangun Datar
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya