DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN SEGITIGA PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | FERY ISWARINI |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Program Studi Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2013 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Fery Iswarini. Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Prestasi Belajar Matematika Sub Pokok Bahasan Segitiga pada Siswa Kelas VII SMP N 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara dua model pembelajaran yaitu model pembelajaran TPS dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa pada sub pokok bahasan segitiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Purworejo pada tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 responden yang terbagi 31 responden dalam kelompok eksperimen dan 31 siswa dalam kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes prestasi belajar pada pelajaran matematika sub pokok bahasan segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentasi semu. Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan t hipotesis pihak kanan. Sebelum data penelitian yang diperoleh dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis variansi yaitu uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett dengan taraf signifikansi 0.05. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0.05 menunjukkan bahwa 2.20153 1.66901 hitung tabel t t . Karena nilai t DK hitung maka 0 H ditolak. Berdasarkan analisis variansi menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa (model pembelajaran TPS menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional). Kata kunci : model pembelajaran Think Pair Share, model pembelajaran konvensional, dan prestasi belajar matematika siswa. |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |