DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AIR DALAM POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KALIBAWANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | EKA ISTRI SAFITRI |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Program Studi Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2013 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Eka Istri Safitri. 082143365. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran AIR dalam Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kalibawang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2013 Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan siswa terhadap mata pelajaran matematika pada siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kalibawang. Penelitian ini dilaksanakan selama 11 bulan dengan menggunakan model pembelajaaran AIR (Auditory Intellectualy Repetition). Model pembelajaran AIR adalah pembelajaran dengan pendekatan kontruktivis yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B yang berjumlah 28. Faktor yang diteliti berupa prestasi belajar matematika siswa berupa nilai pada akhir siklus dan keaktifan belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Analisis yang digunakan adalah cara analisis data deskriptif dengan teknik persentasi ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukan peningkatan prestasi belajar dan keaktifan belajar matematika siswa. Persentase keaktifan belajar siswa meningkat dari 53% pada siklus 1 menjadi 84,79% pada siklus 2. Peningkatan persentase keaktifan belajar siswa diikuti dengan peningkatan prestasi belajar matematika siswa dengan peningkatan hasil belajar yaitu 32,14% pada siklus 1 menjadi 78,57% pada siklus 2. Kata kunci: AIR, prestasi belajar, keaktifan |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |