Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS VIII SMP AL ALAWIYAH KALIKAJAR
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang DWI CAHYA SETIAWAN
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Dwi Cahya Setiawan. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-square (tps) dengan menggunakan lembar kerja siswa (lks) berbasis pendidikan matematika realistik (pmr) pada siswa kelas viii smp al alawiyah kalikajar. Pendidikan Matematika. FKIP, Universitas Muhammdiyah Purworejo. 2013 Penelitian melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square (TPS) dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini merupakan Penelitian Terapan Pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif antara penelitidan guru matematika kelas VIII serta dibantu oleh observer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al Alawiyah Kalikajar sebanyak 34 siswa. Instrumen penelitian berupa hasil observasi, hasil tes belajar, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipeThink-Pair-Square (TPS) dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) efektif diterapkan pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Al Alawiyah Kalikajar. Hal tersebut dapat terlihat dari rata-rata nilai tes belajar siswa setelah diadakan pre tes (tes awal), tes I dan tes II. Pada tes awal, rata-rata nilai kelasnya adalah 6,35 dengan persentase siswa yang telah mencapai KKM sebesar 52,94%. Setelah diadakan pembelajaran, pada tes I rata-rata nilai kelasnya adalah 7,57 dan berada pada kriteria “baik” dengan persentase siswa yang telah mencapai KKM sebesar 88,23%, sedangkan pada tes II rata-rata nilai kelasnya menjadi 8,65 dan berada pada kriteria “sangatbaik” dengan persentase siswa yang telah mencapai KKM sebesar 94,12%. Untuk total, terdapat 25 siswa atau sebesar 73,53%. Kata kunci : prestasi belajar, kooperatif tipe think-pair square (tps)
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya