Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD N 2 PANGENJURUTENGAH MELALUI METODE DISCOVERY TAHUN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Diyah Supriyaningsih
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Diyah Supriyaningsih. 082143362. Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD N 2 Pangenjurutengah Melalui Metode Discovery Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo 2013. Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika pada siswa kelas V SD N 2 Pangenjurutengah. Penelitian ini dilaksanakan 6 bulan dengan menggunakan metode pembelajaran discovery (penemuan). Metode discovery adalah metode penemuan, kata penemuan sebagai metode mengajar merupakan penemuan yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 2 Pangenjurutengah yang berjumlah 17. Faktor yang diteliti berupa keaktifan belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk melihat peningkatan keaktifan belajar siswa dan tes digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian tersebut menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa dan peningkatan hasil belajar matematika siswa. Persentase keaktifan belajar siswa meningkat dari 44,28% pada siklus I menjadi 60,14% pada siklus II. Peningkatan persentase keaktifan belajar siswa diikuti dengan peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan peningkatan rata-rata hasil belajar yaitu 40,76 pada siklus I menjadi 58,35 pada siklus II. Kata Kunci: metode discovery, keaktifan belajar, hasil belajar
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya