DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | EKSPERIMENTASI PENDEKATAN SAVI DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD KELAS V SE GUGUS R.A. KARTINI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Bangkit Dwi Sugiharto |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Program Studi Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2013 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Bangkit Dwi Sugiharto. Eksperimentasi Pendekatan SAVI dan Pendekatan Kontekstual Pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Kelas V Se-Gugus R.A. Kartini Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan pembelajaran SAVI memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik daripada pendekatan pembelajaran kontekstual setelah diterapkan pada pokok bahasan operasi hitung bilagan bulat siswa kelas V SD Negeri se-Gugus R.A Kartini. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V semester II se-Gugus R.A Kartini Kecamatan Buluspesantren yang berjumlah 134 siswa. Sampel penelitian berjumlah 56 siswa yang terdiri dari 29 siswa kelas eksperimen pertama dan 27 siswa kelas eksperimen kedua. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes yang sudah diujicobakan dan sudah memenuhi validitas dan reliabilitas. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai pada kelas eksperimen pertama 64,79 dan pada kelas eksperimen kedua 65,78. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dengan = 0,05 menunjukan bahwa, tobs = -0,392 dan ttabel = 1,645 dengan DK = { t|t > 1,645}. Karena tobs < t tabel maka tobs termasuk dalam daerah kritik sehingga menyebabkan H0 diterima. Jadi, disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan SAVI tidak lebih baik dibandingkan hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan opersi hitung bilangan bulat siswa kelas V SD Negeri se- Gugus R.A. Kartini Kecamatan Buluspesantren tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci : SAVI, kontekstual, hasil belajar |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |