DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | EKSPERIMENTASI METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS SISWA KELAS VIII SMP PGRI SELOMERTO TAHUN AJARAN 2012/2013 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | ARI SETYOKO |
Subyek/Subjek | Matematika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Program Studi Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2013 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Ari Setyoko. Eksperimentasi Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP PGRI Selomerto Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika menggunakan metode diskusi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika menggunakan metode konvensional pada pokok bahasan menentukan gradien, persamaan-persamaan dan grafik garis lurus siswa kelas VIII SMP PGRI Selomerto tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP PGRI Selomerto tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian berjumlah 71 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling cluster random sampling, sampel yang diperoleh ada dua kelas. Pengambilan data menggunakan tes evaluasi dalam bentuk pilihan ganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan t pihak kanan. Sebelum data penelitian yang diproleh dianalisi, dilakukan uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett dengan 0,05. Dari pengambilan data setelah perlakuan diperoleh rataan nilai kelas eksperimen 60,5714 dan nilai rataan kelas kontrol 52,8056. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 2,1112, sedangkan t0,05;69 berdasarkan tabel sebesar 1,6672. Segingga thitung > t0,05;69, ini berarti thitung . Hal ini menyebabkan keputusan uji H1 ditrima. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan hasil belajar matematika menggunakan metode diskusi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika menggunakan metode konvensional pada pokok bahasan menentukan gradien, persamaan-persamaan dan grafik garis lurus siswa kelas VIII SMP PGRI Selomerto tahun ajaran 2012/2013. Kata-kata kunci: hasil belajar, metode diskusi, metode konvensional |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |