Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul KORELASI KEMAMPUAN SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN KUTOARJO DALAM MENGGUNAKAN OPERASI HITUNG PADA PECAHAN BIASA DENGAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA YANG BERKAITAN DENGAN PECAHAN PADA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Ari Dwi Rahmawati
Subyek/Subjek Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Ari Dwi Rahmawati. Korelasi Kemampuan Siswa Kelas V SD se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Kutoarjo Dalam Menggunakan Operasi Hitung Pada Pecahan Biasa Dengan Menyelesaikan Soal Cerita Yang Berkaitan Dengan Pecahan Pada Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan siswa menggunakan operasi hitung pada pecahan biasa; (2) kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan; (3) apakah ada korelasi kemampuan menggunakan operasi hitung pada pecahan biasa terhadap menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Sultan Agung kecamatan Kutoarjo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 152 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah proposional random sampling yang dilakukan dengan undian. Teknik pengumpulan datan menggunakan metode tes tertulis. Instrumen penelitian berupa tes kompetensi bilangan pecahan yang terdiri dari 15 soal penggunaan operasi hitung dalam pecahan biasa dan 5 soal cerita yang berkaitan dengan pecahan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dengan uji signifikansi menggunakan uji t. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) kemampuan siswa dalam menggunakan operasi hitung pada pecahan biasa memenuhi kriteria ketuntasan minimal , (2) kemampuan dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, (3) ada korelasi yang signifikan antara kemampuan menggunakan operasi hitung pada pecahan biasa terhadap menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan. Kata kunci: korelasi, kemampuan, pecahan.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya