Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW II PADA MATERI BANGUN RUANG SE-GUGUS GATUTKACA KEC. BAGELEN KAB. PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Edisi Vol.1 No.2. November 2011
No. Panggil
ISBN/ISSN 2087-782X
Pengarang Budiyono
Hariyati Listyaningrum
Subyek/Subjek Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Makalah Seminar (Prosiding)
Bahasa Indonesia
Penerbit PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIPUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Tahun Terbit 2011
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi Hal. 304- 312
Catatan
Detil Spesifik Abstrak Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang mendapat model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang mendapat model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II pada pokok bahasan bangun ruang kelas IV Gugus Gatutkaca, Kec. Bagelen, Kab. Purworejo tahun pelajaran 2010/2011. Populasi yang diambil adalah seluruh SD Negeri yang terletak di Gugus Gatutkaca, Kec. Bagelen, Kab. Purworejo. Sampel yang digunakan adalah SD Negeri Piji sebagai kelas eksperimen I dikenai model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan SD Negeri Kemanukan sebagai kelas eksperimen II dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II. Sampel dalam penelitian ini diambil deng-an teknik Cluster Random Sampling. Berdasarkan hasil uji keseimbangan diperoleh t hitung = 0,993 dan t tabel = 2,009. Hal ini berarti bahwa kelompok eksperimen I dan kelompok eksperimen II mempunyai kemampuan awal yang relatif sama. Berdasarkan hasil uji t yang di-peroleh dari rerata hasil belajar siswa dalam empat kali evaluasi diperoleh t hitung = 3,524 dan t tabel = 2,009. Simpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar mate-matika siswa yang mendapat model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih ba-ik daripada hasil belajar matematika siswa yang mendapat model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II pada materi pokok bangun ruang siswa kelas IV SD Negeri se-Gugus Gatutkaca Kec. Bagelen, Kab. Purworejo tahun pelajaran 2010/ 2011. Kata kunci: STAD, Jigsaw II, Hasil Belajar Matematika
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya