DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MEMAHAMI KONSEP-KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS |
Edisi | Vol.1 No.2. November 2011 |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | 2087-782X |
Pengarang | Budiyono Uswatun Khasanah |
Subyek/Subjek | Fisika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Makalah Seminar (Prosiding) |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIPUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
Tahun Terbit | 2011 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | Hal 297-303 |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang dialami mahasiswa dalam memahami konsep matematika SMA, (2) untuk mengetahui besar persentase kesalahan yang dialami mahasiswa dalam memahami konsep matematika SMA. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Oktober 2010 sampai bulan Juli 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo Kabupaten Purworejo Tahun Akademik 2010/ 2011 yang mengikuti Mata Kuliah Telaah Kurikulum Matematika dengan jumlah 227 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 20 mahasiswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode tes. Pengolahan data yang digunakan adalah (1) mencari jenis kesalahan jawaban, (2) menghitung frekwensi jenis kesalahan jawaban, (3) memasukan jenis kesalahan jawaban dalam jenis kesalahan pemahaman, dan (4) menghitung persentase kesalahan pemahaman. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Pada pokok bahasan Bentuk Pangkat, Akar dan Logaritma kesalahan yang paling banyak yaitu kesalahan pemahaman konsep dasar 33,88%. (2) Pada pokok bahasan Fungsi, Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat kesalahan yang paling banyak yaitu kesalahan pemahaman tentang konsep yang harus dibina ketrampilannya 28,79%, (3) Pada pokok bahasan Logika Matematika kesalahan yang paling banyak yaitu kesalahan pemahaman tentang konsep dasar 34,10%, (4) Pada pokok bahasan Geometri kesalahan yang paling banyak adalah kesalahan pemahaman tentang prinsip dalam aksioma 44,97%. Kata kunci: analisis kesalahan, mahasiswa pendidikan matematika, konsep matematika SMA. |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |