Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MEMAHAMI KONSEP-KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Edisi Vol.1 No.2. November 2011
No. Panggil
ISBN/ISSN 2087-782X
Pengarang Budiyono
Uswatun Khasanah
Subyek/Subjek Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Makalah Seminar (Prosiding)
Bahasa Indonesia
Penerbit PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIPUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Tahun Terbit 2011
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi Hal 297-303
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang dialami mahasiswa dalam memahami konsep matematika SMA, (2) untuk mengetahui besar persentase kesalahan yang dialami mahasiswa dalam memahami konsep matematika SMA. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Oktober 2010 sampai bulan Juli 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo Kabupaten Purworejo Tahun Akademik 2010/ 2011 yang mengikuti Mata Kuliah Telaah Kurikulum Matematika dengan jumlah 227 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 20 mahasiswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode tes. Pengolahan data yang digunakan adalah (1) mencari jenis kesalahan jawaban, (2) menghitung frekwensi jenis kesalahan jawaban, (3) memasukan jenis kesalahan jawaban dalam jenis kesalahan pemahaman, dan (4) menghitung persentase kesalahan pemahaman. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Pada pokok bahasan Bentuk Pangkat, Akar dan Logaritma kesalahan yang paling banyak yaitu kesalahan pemahaman konsep dasar 33,88%. (2) Pada pokok bahasan Fungsi, Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat kesalahan yang paling banyak yaitu kesalahan pemahaman tentang konsep yang harus dibina ketrampilannya 28,79%, (3) Pada pokok bahasan Logika Matematika kesalahan yang paling banyak yaitu kesalahan pemahaman tentang konsep dasar 34,10%, (4) Pada pokok bahasan Geometri kesalahan yang paling banyak adalah kesalahan pemahaman tentang prinsip dalam aksioma 44,97%. Kata kunci: analisis kesalahan, mahasiswa pendidikan matematika, konsep matematika SMA.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya