DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | MODEL PENGEMBANGAN SOFT SKILLS MAHASISWA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSAN |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Dr. Sugeng Eko Putro W., M.Pd Sudar, M.Pd |
Subyek/Subjek | |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Data Penelitian |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2009 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | Abstrak: Permasalahan yang dialami UMP selama ini dalam membekali kompetensi lulusannya untuk menghadapi persaingan kerja adalah: a) belum adanya keseimbangan antara pengembangan hard skills dengan pengembangan soft skills mahasiswa; b) belum adanya model baku dalam pengembangan soft skills bagi mahasiswa. Berdasar pada permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: a) mengungkap pengaruh yang positif dan signifikan dari kegiatan pembekalan soft skills terhadap peningkatan soft skills mahasiswa UMP; b) mencari model pengembangan soft skills yang tepat bagi mahasiswa UMP. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat experimen. Model yang dicoba dalam penelitian ini adalah model pembekalan soft skills mahasiswa sebelum melaksanakan praktek mengajar atau PPL. Sebagai kelompok eksperimen adalah mahasiswa peserta PPL tahun 2008 yang diberi pembekalan soft skills sebelum terjun ke sekolah latihan, sedangkan kelompok kontrol adalah mahasiswa peserta PPL tahun 2007. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Responden penelitian adalah guru pembimbing PPL. Analisis data menggunakan uji t (t- test) dua sampel tidak berkorelasi (independent sample). Simpulan penelitian: a) ada perbedaan soft skills yang signifikan antara mahasiswa peserta PPL tahun 2007 dengan tahun 2008; b) mahasiswa peserta PPL tahun 2008 memiliki soft skills lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa peserta PPL tahun 2007; c) pengembangan soft skills model pembekalan sebagaimana diujicobakan dalam penelitian ini hanya cocok untuk mengembangkan rasa percaya diri dan kesadaran menerapkan nilai-nilai Islam, tidak cocok untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan kemampuan bekerjasama. Rekomendasi: a) model pembekalan soft skills sebelum melaksanakan PPL dapat dilanjutkan untuk meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa; b) perlu dicari format lain yang lebih cocok untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi maupun kemampuan bekerjasama mahasiswa. Kata kunci: soft skills, self confidence, communications skills, cooperative skills. |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |