Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul MODEL PENGEMBANGAN SOFT SKILLS MAHASISWA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSAN
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Dr. Sugeng Eko Putro W., M.Pd
Sudar, M.Pd
Subyek/Subjek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Data Penelitian
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2009
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik Abstrak: Permasalahan yang dialami UMP selama ini dalam membekali kompetensi lulusannya untuk menghadapi persaingan kerja adalah: a) belum adanya keseimbangan antara pengembangan hard skills dengan pengembangan soft skills mahasiswa; b) belum adanya model baku dalam pengembangan soft skills bagi mahasiswa. Berdasar pada permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: a) mengungkap pengaruh yang positif dan signifikan dari kegiatan pembekalan soft skills terhadap peningkatan soft skills mahasiswa UMP; b) mencari model pengembangan soft skills yang tepat bagi mahasiswa UMP. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat experimen. Model yang dicoba dalam penelitian ini adalah model pembekalan soft skills mahasiswa sebelum melaksanakan praktek mengajar atau PPL. Sebagai kelompok eksperimen adalah mahasiswa peserta PPL tahun 2008 yang diberi pembekalan soft skills sebelum terjun ke sekolah latihan, sedangkan kelompok kontrol adalah mahasiswa peserta PPL tahun 2007. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Responden penelitian adalah guru pembimbing PPL. Analisis data menggunakan uji t (t- test) dua sampel tidak berkorelasi (independent sample). Simpulan penelitian: a) ada perbedaan soft skills yang signifikan antara mahasiswa peserta PPL tahun 2007 dengan tahun 2008; b) mahasiswa peserta PPL tahun 2008 memiliki soft skills lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa peserta PPL tahun 2007; c) pengembangan soft skills model pembekalan sebagaimana diujicobakan dalam penelitian ini hanya cocok untuk mengembangkan rasa percaya diri dan kesadaran menerapkan nilai-nilai Islam, tidak cocok untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan kemampuan bekerjasama. Rekomendasi: a) model pembekalan soft skills sebelum melaksanakan PPL dapat dilanjutkan untuk meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa; b) perlu dicari format lain yang lebih cocok untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi maupun kemampuan bekerjasama mahasiswa. Kata kunci: soft skills, self confidence, communications skills, cooperative skills.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya