Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SMP NEGERI 1 SADANG KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Ahmad Mustolih
Subyek/Subjek Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIPUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik Ahmad Mustolih. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada SMP Negeri 1 Sadang Kebumen Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Skripsi. Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran fisika dan perlunya pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran IPA Fisika pada SMP Negeri 1 Sadang sebagai respons semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai dengan bulan Juni tahun pelajaran 2011/2012 sedangkan tempat penelitian adalah di SMP Negeri 1 Sadang Kebumen. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Sadang Kebumen tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas pembelajaran siswa yang dilakukan oleh guru mapel IPA Fisika dan peneliti sendiri saat proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini adalah dengan penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw pada pelajaran IPA Fisika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hasil observasi diperoleh peningkatan aktivitas belajar siswa dari 39,44% pada tahap awal menjadi 50,72% pada siklus 1 dan 61,17% pada siklus 2. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan kombinasi pendekatan pembelajaran metode kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas proses belajar mengajar. Peningkatan aktivitas siswa dalam hal ini rata-rata untuk aspek minat, perhatian, partisipasi dan presentasi rata-rata 20%. Kata Kunci : Aktivitas belajar, Kooperatif Jigsaw
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya